5cm

Judul : 5 cm

Pengarang : Donny Dhirgantoro

Penerbit : PT Grasindo

Tahun terbit : November 2007

Edisi : 10

Tebal buku : 381 halaman

Tema : Perjalanan lima sahabat

Ringkasan :

Lima sahabat telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di Jakarta, sampai nonton layer tancap. Semuanya penggemar film, dari film Hollywood sampai film yang tidak berkelas, tapi mereka tidak suka film India karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya, tapi bukan dalam bentuk tarian.

Suatu saat, karena terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama 3 bulan. Selama 3 bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah 3 bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan ke gunung Mahameru yang penuh keyakinan, mimpi,cita-cita dan cinta. Sebuah perjalanan yang mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, bukan cuma seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama.

Ulasan :

Novel 5 cm bercerita tentang persahabatan antara Arial, Riani, Ian, Zafran dan Genta. Di novel ini juga disajikan masalah-masalah yang biasa terjadi dalam sebuah persahabatan. Contohnya saat Ian yang tidak menjadi dirinya sendiri karena ingin dipandang atau ingin dikagumi oleh teman-temannya, saat mereka berada di puncak kebosanan akan rutinitas yang sama, dan saat ketidakpercayaan mulai tumbuh dalam persahabatan mereka. Namun mereka mampu keluar dari masalah-masalah itu. Jalan keluarnya hanyalah dibicarakannya masalah tersebut secara baik-baik dan diciptakannya sikap saling percaya satu sama lain.

Novel karya Dhonny Dhirgantoro ini mempunyai cirri khas tersendiri. Di novel ini banyak terdapat lirik-lirik lagu yang digunakan penulis untuk sebagai penekanan dari situasi-situasi yang digambarkan. Contohnya saat Genta tidak berani jujur akan perasaannya pada Riani, dituliskan lirik lagu dari Goo Goo Dolls yang berjudul Irish.

“And I don’t want the world see me

‘cause I don’t think that they’d understand

When everything’s made to be broken..

I just want you to know who I am..”

Begitu pula saat Ian yang berusaha keras menjadi orang lain agar bisa diterima orang sekitarnya, terdapat lirik lagu Radiohead yang berjudul Fake Plastic Tress.

“The green plastic watering can

For a fae Chinese rubber plant

In the fake plastic earth..

If I could be who you wanted

If I could be who you wanted

All the time.”

Selain lirik, terdapat pula kutipan-kutipan kata-kata bijak dari orang-orang terkenal seperti ‘cagito ergo sum’ (aku berpikir maka aku ada) dari Descartes Rene. Ada juga ‘quote’ yang berasal dari Albert Einstein dan didedikasikan pada saat pemakaman Mahatma Gandhi,”Generation to come will scarce believe that such a one as this, ever in flesh and blood walked up on this Earth.” (Generasi mendatang akan sulit mempercayai sesuatu yang menakjubkan ini pernah ada dalam darah dan daging, serta berjalan di atas muka bumi.

5 cm ini sangat inspiratif, menuntut para pembacanya untuk menjadi pribadi yang optimis dan pantang menyerah pada keadaan. Ada sebuah bagian dalam novel ini yang bisa membangkitkan semangat mencapai tujuan.

“Biarkan keyakinan kamu, 5 sentimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekat yang seribu kali lebih kuat dari baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa.”

Kata-kata itu menunjukkan bahwa untuk mencapai tujuan, kita harus punya keyakinan, usaha keras dan doa.

Kesimpulan :

5 cm ini sangat bagus dan inspiratif. Kalo mao tau, baca aja de. keren ko keren! Di jamin de. novel ini bikin gue pingin mendaki gunung. Abis, diceritain banget keindahan pemandang dari puncak gunung. Banyak kata-kata saktinya de!

3 thoughts on “5cm

  1. lo punya novel 5 cm?
    klo boleh gw minjem dong!

    Gini aja! byar ga rugi & sama2 untung.
    Gw kebetulan juga punya buku yang mungkin amanatnya sama kayak buku 5 cm itu. Tapi maaf, bukunya bukan novel. Mungkin bakalan susah bwat lu yg suka baca novel. Tapi sumpah bagus banget. Gw menyebutnya buku positif.
    Tapi bukan ‘positif’ yang itu. Jangan Ngaco

    Ya udh! Eh, kebetulan lu lg merayakan ultah yg ke 17 khan?
    Ciyee! bwat siapa nieh first cake nya! Bwat gw ya! he3x

    Oh ya gw lupa memperkenalka diri.
    Nama gw Arip. mungkin lo ga kenal sm gw, tp ya gpp. Tak kenal maka ta’aruf, ya kan!

    Ya udh selamat ulang tahun dan selamat menikmati kuenya. Dan selamat mentraktir tmn tmn lo ya!

  2. to ancu iptu + faya :
    jiaahh .. sayangnya gue ngga punya buku itu. Gue bole pinjem dari mba astrid!

    to faya :
    behh, bener ‘fay!
    tu buku emang oke banget!
    u must read ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s