cinta versi cinjun

 

 

Judul           : Cinta Versi Cinjun

Pengarang    : Yokie Adityo

Penerbit       : C | Publishing

Tahun terbit : Januari 2006

Edisi            : Pertama

Tebal buku   : 305 halaman

Tema           : Perjalanan cinta seorang cinjun

 

Ringkasan    :

 

Cinjun adalah mahasiswa Fakultas Hukum yang cuek. Suatu saat, ia bertemu dengan seorang wanita yang membuatnya langsung jatuh hati. Namun Cinjun tidak sempat berkenalan. Karena tidak mengetahui nama gadis itu, Cinjun pun menamainya ‘Si Cantik’. Setelah kejadian itu, Cinjun tidak melihat ‘Si Cantik’ lagi. Sementara Dista, mantan kekasih Cinjun ditemukan tewas berada di rawa-rawa. Beberapa orang yang berpotensi menjadi tersangka sudah diselidiki. Namun Cinjun tidak percaya akan kinerja para aparat kepolisian. Itu membuatnya memutuskan untuk menyelidiki kasus mantan kekasihnya tersebut.

 

Cinjun pun mulai melakukan serangkaian penyelidikan-penyelidikan. Pada mulanya ia tidak menemukan titik terang sedikit pun. Ia mulai jengah dan stress. Namun, ketika ia berkunjung ke rumah Buge’, Cinjun menemukan bercak-bercak darah di langit-langit kamar Buge’. Ia pun langsung menyimpulkan bahwa Buge’ lah dalang dibalik semua itu. Buge’ pun dilaporkannya ke kantor polisi. Ketika Cinjun melihat-lihat foto-foto Dista, ia pun mengetahui bahwa ‘Si Cantik’ adalah Dista tanpa kacamata tebalnya dan dengan sedikit ‘make up’ yang merias wajahnya.

 

Ulasan         :

 

Cinta Versi Cinjun merupakan novel fiksi karangan Yokie Adityo yang mempunyai tema cinta. Tema cinta ini diiringi dengan kisah-kisah detektif. Dalam novel ini, Cinjun adalah tokoh utamanya, Cinjun adalah seorang detektif amatir. Meski bertemakan detektif, novel ini ringan untuk dibaca dan tidak memaksa pembaca untuk berpikir keras. Novel ini berbeda dengan novel Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle yang juga bertemakan detektif, namun terasa sangat berat dan sulit dimengerti. Yokie Adityo termasuk berani karena memilih tema yang lain daripada yang lain dan tidak mengikuti kemauan pasar. Ia lebih memilih untuk membuat novel dengan tema detektif yang ringan. Keahlian Yokie dalam menciptakan novel-novel bertemakan detektif memang sudah tidak diragukan lagi, sebelumnya Yokie sudah menerbitkan novel berjudul Detective Diary. Novel tersebut tidak kalah menarik dan cukup laris.

 

Gaya bahasa Yokie pun mudah dimengerti sehingga para pembaca dapat menangkap maksud dari cerita dengan mudah. Selain itu, Yokie seringkali memasukkan lelucon-lelucon. Sehingga novel ini menjadi novel yang sangat menghibur. Walaupun dalam situasi sekompleks apa pun, Yokie menggambarkannya dengan menambah-nambahkan humor dalam konflik tersebut. Ini bisa menjadi kekurangan dan kelebihan dari novel ini. Bisa menjadi kelebihan karena itu membuat novel ini menjadi novel yang sangat menghibur. Namun bisa menjadi kekurangan, karena dengan begitu, masalah-masalah yang dibahas dalam novel ini tidak mencapai klimaksnya. Seringkali Yokie membuat masalah yang sangat serius sekali pun menjadi lucu.

 

Novel detektif ini sangat asik dibaca. Membiarkan diri kita mengikuti alur yang sudah dirancang oleh sang penulis. Menerka-nerka apa yang akan terjadi kemudian. Merasakan rasa penasaran akan kasus-kasus yang disajikan penulis.Yokie mampu menuangkan kisah-kisah ini dengan sangat menarik, ini membuat novel ini tidak membosankan, karena selalu saja ada hal yang menarik dan itu membuat pembaca merasa penasaran dan selalu tidak sabar untuk mengetahui jalan ceritanya. Pesan-pesan yang terdapat dalam novel ini adalah jangan terlalu percaya pada orang lain. Dalam novel ini dikisahkan suatu tragedi yang menimpa Dista, mantan kekasih Cinjun yang juga sahabatnya. Pembunuh Dista adalah orang terdekatnya, Buge’. Selain itu, kita juga diingatkan untuk selalu berhati-hati kepada siapa saja dan selalu menolong orang-orang terdekat kita.

 

Kesimpulan   :

 

Novel ini sangat menghibur, cocok dibaca diwaktu luang. Novel ini cocok untuk pembaca remaja.

3 thoughts on “cinta versi cinjun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s