commitment mismatch

Kamu baik. Kamu pintar. Kamu ga ribet. Aku suka. Walaupun aku telat menyadari hal itu.

Ada yang bilang, kita akan tau betapa berartinya seseorang setelah orang itu pergi. Dulu cuma tau teorinya. Sekarang, aku tau seperti apa rasanya. Sejak awal, kita berteman baik. Teman dalam arti sebenarnya. Ga ada bumbu-bumbu “…tapi mesra”-nya. Aku bukan perempuan yang bisa kasih perhatian ke lawan jenis selama dia bukan imamku. Aku rasa itu hal yang tidak perlu. Walaupun begitu, masih ada saja teman kita yang beranggapan kita ada apa-apa. Aku kurang paham dari mana mereka bisa simpulkan itu.

Aku pun perempuan yang tidak bisa bahasa kode. Ya, aku gak kekinian. Aku memang dibiasakan sejak kecil untuk mengutarakan apa yang aku inginkan secara langsung. Kata ibu, “Kalau ada apa-apa, langsung bilang aja. Ibu kan ga bisa baca pikiran kamu.” Jadi… maaf, kode-kode mu tidak diterima dengan baik oleh radarku.

Berkali-kali, aku bentengi hati.. meredam rasa nyaman. Puncaknya, dalam waktu yang berdekatan orang-orang terdekatku mengatakan hal yang sama. 5 orang yang berbeda, dan tidak saling mengenal. Dalam waktu yang hampir bersamaan mengatakan kamu baik, dan meyakinkanku. Saat itu, aku hanya meng-iya-kan.

Ingat tidak, ketika kamu menanyakan sahabatku? Kamu bilang, ia mirip dengan seseorang dari masa lalu mu. Saat itu aku mendukung mu. Karena ku tau kalian sama-sama baik.. Saat itu, kamu tidak sedang menguji ku, ‘kan?

“Aku sayang tapi kamu terlalu baik blablabla..” Terdengar klise ya? Aku pikir itu omong kosong, sampai akhirnya aku mengalami hal itu. Aku merasa.. belum cukup baik. Keadaan bertambah lucu ketika kamu mengungkapkan hal yang sama ke senior kita. Hei, kakak cantik itu menyampaikan semuanya padaku. Aku hanya tersenyum getir. Ternyata kita sama ya.. sama-sama terjebak dan cemen.Kita terlalu takut untuk melangkah.

Mungkin disitu keunikan jodoh. Dua orang saling merasa belum cukup baik dan keduanya terus memperbaiki diri bersama. Ah, andai saja kita punya cukup keberanian untuk melangkah..

7 thoughts on “commitment mismatch

Leave a Reply

