First Step of Being A Teacher

Salah satu keinginanku adalah mengajar di sekolah, maunya sih di SD. Syukur-syukur bisa di Sekolah Dasar Negeri. Aku sering bilang ke guru senior, baik di sekolah tempat ku PPKT, tetangga yang berprofesi guru, dan orangtua teman yang kebetulan guru tentang keinginanku itu. Aku pun meminta saran cara melamar di sekolah. Karna aku tidak punya kerabat yang bisa ‘membawa’ku untuk mengajar di sekolah. Tidak sedikit yang mengecilkan hatiku. Beberapa diantara mereka bilang kecil kemungkinanku untuk bisa mengajar di sekolah. “Boro-boro ngajar di sekolah negeri, di swasta aja susah kalo ga ada yang ‘bawa’. Bisa bertahun-tahun baru dipanggil.” Aku pun tanya solusinya, katanya sih coba sebar CV ke banyak sekolah, nanti sewaktu-waktu dibutuhkan akan dipanggil. Semangatku bangkit lagi. Sampai ga beberapa lama, kata-katanya dilanjut dengan, “Ya, tapi kadang lamaran itu ga di simpen. Paling dicuekin. Malah ada yang langsung dibuang.”

Ada juga yang bilang di negeri udah tidak menerima guru honorer lagi. Dan lebih susah juga untukku untuk mengajadi di sekolah dasar karena aku bukan lulusan Pendidikan Guru SD. Kalau pun mau ya ke SMP atau SMA.

Aku ga punya pilihan lain selain mencoba. Jauh sebelum lulus udah berdoa dimudahkan untuk ngajar di sekolah. Setelah berkas-berkas lamaran lengkap, aku langsung menyebar lamaran ke sekolah-sekolah terdekat. Alhamdulillah, lusanya langsung ada yang menghubungi. Salah satu SMP swasta yang cukup bagus. Ya, walaupun cuma sebagai guru bantu dalam program pemantapan Ujian Nasional, aku sudah sangat bersyukur. Seminggu kemudian, datang lagi panggilan dari…….. Salah satu SD Negeri. Siapa sangka? Aku pun masih percaya ga percaya.

20151028_115318

Mulai awal tahun ini aku mengajar di sekolah. Sekolah Dasar. Negeri. Persis seperti yang aku impikan. Tak terasa sudah setahun bersama anak-anak yang luar biasa🙂

One thought on “First Step of Being A Teacher

Leave a Reply

